Siri VS Iris (iPhone vs Android)

Peluncuran iPhone 4S baru-baru ini cukup membawa hawa segar bagi dunia ponsel pintar, terlebih-lebih para penggemar iPhone yang bisa dikatakan sudah menantikan cukup lama kehadiran generasi iPhone yang baru. Kehadiran iPhone 4S membawa fitur-fitur baru unggulan salah satunya adalah adanya Siri. Siri adalah fitur pengolah suara asisten pribadi, yang dapat si pengguna iPhone memerintahkan sesuatu dengan perkataan, misalnya untuk menulis dan mengirim sms, menelpon seseorang, mencatat skedul, mencari informasi ramalah cuaca, dsb.
Belum lama ini muncul aplikasi di Android yang namanya Iris (sebuah nama yang identik dengan Siri, pengejaan kata Siri dari belakang ke depan). Iris merupakan aplikasi yang bisa dikatakan sejenis dengan Siri. Menurut keterangan di dalam Market, bahwa Iris dibuat terinspirasi oleh Siri. Fungsi dari Iris serupa dengan Siri yaitu kita dapat memerintahkan dengan suara untuk melakukan menulis dan mengirim sms, menelpon seseorang, bahkan mencari informasi sekalipun. Orang beranggapan bahwa Iris merupakan saingan atau bisa dikatakan sebagai tandingan untuk Siri. Dengan demikian ponsel-ponsel Android pun juga dapat menikmati fitur seperti Siri.

Lalu bila kita bandingan, Siri dan Iris, mana yang terbaik? silakan simak beberapa poin yang kami telah uji coba terhadap Siri iPhone 4S dengan Iris yang menggunakan ponsel Android (Samsung Galaxy S2). Beberapa poin yang dapat disimpulkan:

  • Iris selalu mengulang apa yang kita ucapkan, sehingga hal ini dirasa terlalu buang-buang waktu. Di Siri tidak demikian, kita bertanya maka Siri pun langsung merespon dengan menjawab dengan cepat.
  • Iris melakukan proses mengolah suara lebih lama dibanding Siri yang cukup singkat dan cepat. Lagi-lagi Iris buang-buang waktu.
  • Iris lebih banyak kesalahan didalam menangkap suara, membuat tidak nyaman bagi yang bertanya. Walau di Siri pun juga bisa terjadi kesalahan tapi sangat jarang kita temukan.
  • Iris didalam menjawab pertanyaan terlihat tidak konsisten, jawaban terkadang muncul berbeda-beda bahkan memberi jawaban yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pertanyaannya. Siri menjawab dengan konsisten.
  • Sesekali kita temukan Iris melakukan proses (loading..) yang cukup lama tiada henti hingga kita menghentikannya dengan paksa.

Dengan hasil uji coba yang kita telah lakukan, maka kita dapat menyimpulkan adalah bisa saja Iris merupakan aplikasi yang serupa dengan Siri, namun kualitas Iris masih sangat jauh dibandingkan dengan Siri yang begitu sempurna. Mungkin masih butuh waktu untuk Iris agar menjadi lebih baik.

Bagaimana dengan kamu, sudah mencoba keduanya Siri dan Iris?

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s